Kamis, 14 Maret 2013

Cara membuat kertas Semilog dan Milimeter dari web

Kertas milimeter memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk mengukur luas suatu daerah per satuan luas 1 cm2. jika kamu mendapat tugas seperti itu dan harus disajikan dalam laporan, maka kertas milimeter yang kamu beli di toko2 akan sangat terlihat tidak menarik. diantaranya karena ukurannya nggak pas, ketebalan kertasnya beda (super tipis), warnanya yang mbulak dll. jadi kenapa kita tidak membuat sendiri kertas milimeternya?. pakai kertas sesuai ukuran kita, ketebalan kertas kita, dan warna sesuai pilihan. caranya sebagai berikut :

Buka link www.incompetech.com

pilih Graph/Grid paper di pojok kiri atas.

lalu selanjutnya:
  1. Pilih SQUARES
    pilih square untuk bikin milimeter block
  2. Pilih lagi yang sesuai keinginan, coba yang MULTI-COLOR.
    pilih yang multi color
  3. Atur-atur ukuran, warna.
    PDF document size pilih A4, kertas yang biasa kita pakai buat nge-print laporan.
    Minimum border pilih sesuai dengan minimum margin-nya printer aja. Printer saya sih untuk bottom border nya maunya 1.29 cm.. tapi saya coba 1 cm. Jangan lupa ganti satuan inch jadi centimeter. Grid Line Weight dibiarkan saja. Itu adalah ketebalan garis yang akan terbentuk, ya saya rasa itu sudah yang paling bagus.
    Grid Spacing silakan diatur sesuai kebutuhan. Pastikan sudah terpilih lines per cm ya. Untuk yang largest, jika kita pilih 1 artinya garis tersebut menandakan 1 cm. Untuk yang medium, jika kita pilih 2 artinya garis tersebut menandakan 0.5 cm (kan dalam 1 cm ada 2 garis artinya masing-masing menandakan 0.5 cm kan). Untuk smallest, jika kita pilih 10 artinya garis tersebut menandakan 1 mm (dalam 1 cm ada 10 garis.. 1 garis menandakan 0.1 cm ~ 1mm kan?).
    setting buat bikin milimeter block
    Grid Color. Pilih warna untuk membedakan garis penanda. Secara default, warna yang ditentukan di sana adalah merah untuk largest (penanda yang 1 cm), abu-abu gelap untuk medium (penanda yang 0.5 cm), abu-abu terang untuk smallest (penanda yang 1 mm). Kalau mau ganti warna silakan pilih warna yang tersedia atau klik Custom, trus pilih aja warnanya (dialog box nya muncul di atas, jadi scroll dulu page nya agak ke atas ya). Setelah beres pilih warna, klik tanda X.
    setting buat bikin milimeter block
  4. DOWNLOAD PDF


ini dia hasilnya....

setelah kamu print kertas milimeternya, kamu scan peta tugasmu. terus kamu print pakai kertas milimeter buatanmu tadi. jadi gambar peta tugas kamu sudah tertumpuk di garis2 kertas milimeter yang kamu buat. jadi peta + milimeternya bisa dimasukkan ke dalam laporanmu. selesai,

1 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html